Header Ads

insan

Bencana Alam Menantang Kita untuk Berfikir

Oleh Asroni Alparoya*

Beberapa peristiwa alam yang terjadi di Republik Indonesia yang kita cintai ini dilanda bencana besar tak berkesudahan.

Beberapa bulan terahir ini Lombok Utara dan sekitarnya diguncang gempa ratusan kali. Hingga tak lama kemudian, kemarin sore kita dikejutkan dengan peristiwa tsunami yang terjadi di Donggala Palu Sulawesi tengah.

Peristiwa-peristiwa itu membuat masyarakat Indonesia bersedih karena merasa kehilangan, kehilangan keluarga mereka. Namun hal itu tidak membuat kita goyah dan meratap diri saja. Akan tetapi peristiwa itu justru menjadi pembangkit semangat kita untuk terus berjuang, bertindak dan bersabar dalam menerima cobaan yang diberikan oleh Allah SWT.

Dari sekian panjang bencana yang menimpa negara kita, perlu dipikirkan betul-betul guna membangkitkan semangat perubahan kearah positif. Adapun hal utama yang harus kita pikirkan adalah bagaimana cara kita untuk menjaga diri dari bencana-bemcana besar tersebut, terutana Fenomena alam yang datangnya tidak kita sangka-sangka.

Permasalahan tersebut membuat penulis merasa prihatin dan bertanya-tanya pada diri sendiri. Penulis berharap ada inovasi untuk mendeteksi dan mengantisipasi bencana serta fenomena tragis yang akan terjadi. Hingga dari itu masyarakat akan menyiapkan diri untuk menghindari bencana.

Kemudian, Pertanyaan-pertanyaan muncul dalam diri penulis, apakah kita dan pemerintah bisa menemukan sebuah temuan untuk mendeteksi bencana dan bahkan fenomena alam yang akan terjadi?

*Penulis adalah Mahasiswa Pasca Sarjana UNUSIA Jakarta.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.